Langsung ke konten utama

SMA: REGRET IN SENIOR YEAR OF HIGH SCHOOL

Halo, mbak-mbak, mas-mas, kakak-kakak, dan terutama dede-dede sekaliaann!! *Inhale-exhale* Ok, ini pertama kalinya gw nulis artikel macam ginian, Biasanya gw cuma ngapload-ngapload karya-karya ga jelas gw. hehe. But well, kali ini gw pengen mencoba sesuatu yang lebih berguna buat orang-orang terutama buat dede-dede emess diluaran sana yang masih SMP atau mungkin masih kelas 10/11 yang belum merasakan kerasnya pertarungan di rimba “SENIOR YEAR OF HIGH SCHOOL”.

“Hah? Apaan sih kak, lebay banget. Biasa aja kali. Bubarr aja deh, bubaarr!”

Eitss, tunggu dulu. Seriusan deh, mending lu baca artikel ini sampai habis. Soalnya bukannya gw mau sok menggurui ya, tapi ini itu berdasarkan pengalaman, cacian, hinaan, dan penyesalan dalam diri gw sendiri dan kebanyakan orang di luran sana. Jadi yah intinya ini itu adalah 5 HAL YANG GW SESALIN SAAT SENIOR YEAR DI SMA! Yup, Mending kita langsung aja deh daripada lu keburu tidur karena intronya kebanyakan. haha.

PENYESALAN PERTAMA: KENAL DAN PAKE ZENIUS!!

“Hah? Apa pula ‘ZENIUS’ ni? Ngapain juga di taruh di nomor 1? Ngga penting amat.” 

Weitss, Jangan salah. INI TUH POIN TERPENTING, TERKUDU, DAN TERWAJIB LU BACA BAIK-BAIK! Kenapa? Karena poin ini itu bisa jadi penentu nasib lu selanjutnya itu jadi kek gimana. Lah kok bisa? Ya bisa. Nah terus kenapa di taruh di nomor 1? Karena poin ini bakalan related banget sama poin-poin berikutnya! Kalau lu penasaran, Eh emang lu wajib penasaran deh! Mending lu baca deh dongeng penyesalan gw berikut ini. Jangan lupa sediain popcorn yah.

Cerita bermula pada zaman dahulu kala saat gw kelas 10 SMA. Waktu itu gw lagi dapet tugas ngumpulin soal trigonometri sebanyak-banyaknya dari guru matematika gw. *Ya iyalah mbak, masa dari guru olahraga* Nah, jadinya kan gw browsing internet gitudah. eh, tau-tau gw nemu dah soal-soal dalam bentuk pdf yang kurang lebih rupa dan bentuknya kek gini semua


Ya, gw seneng banget lah yah tugas gw keliatannya bakalan cepet selesai karena soal-soal yang ada disini udah lengkap dan banyak banget. Apalagi dibawah soalnya itu ada tulisan "Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net" Wih super hoki nih gw. Eh tapi ternyata pas gw buka pembahasannya itu dalam bentuk video! Elah, mana gw ini kaum miskin kuota lagi. Trus gw pikir yaudah deh demi tugas, ngorbanin kuota sekali-kali gapapa. Terus gw putar deh videonya. Ok nomor satu beres. mantep juga nih. Lanjut nomor 2. Eh? Yaelah yang muncul malah tulisan super ngeselin kek gini.


Gila! Harus bayar toh ternyata. GA BAKAL! Ntar abis gw bayar mahal-mahal palingan juga PENIPUAN atau paling ngga yah GA GUNA! CIH BUAT APA!

Singkat cerita saat gw di penghujung kelas 11, ini nih masa-masa iklan pembelajaran online dari Quip**r bertebaran di tipi dan bahkan sampai dateng ke sekolah-sekolah! Selain itu, masa ini juga adalah masa-masa dimana pasukan yang bernama kalkulus menyerang! Limit dan turunan sih masih bisa gw maklumin, tapi yang bernama INTEGRAL ini entah kengapa bandel banget. Sumpah! Mana besok gw ada presentasi lagi! Akhirnya karena gw udah mumet liatin buku yang ga ngomong-ngomong dari zaman kapan, akhirnya gw buka dah tuh laptop. Gw cari dah tuh video-video pembelajaran online yang bisa ngomong ke gw tentang si integral itu! entah kenapa akhirnya gw nyasar ke web ngeselin ini lagi.


But this time, gw ngga ngutuk-ngutuk web ngeselin ini lagi. Malah gw fall in love with suara tutornya dan ngerti! GILA!!! INIKAH YANG DINAMAKAN JATUH CINTA PADA PANDANGAN KEDUA??!!!! Well, dari penjelasan super singkat ini aja at least gw udah kebayang maksud dari si integral ini apa! Dan akhirnya gw nge-eksplor lah video integral lainnya yang bisa gw buka daaannnn besoknya PRESENTASI GW MULUS CUY!! Thanks buat web ngeselin yang belum juga gw beli vouchernya ini!

KELAS 12 PUN TIBA!!!! I'M NOT READY YET!! But, disinilah Gw. Selama Liburan Semester gw di rumah aja sih, ngerjain soal-soal dari buku persiapan masuk PTK STSN (Perguruan Tinggi Kedinasan Sekolah Tinggi Sandi Negara). Di dalamnya itu ada salah satu jenis soal yang gw ga ngerti banget maunya apa tuh soal! kesel banget gw. akhirnya setelah berjuta-juta artikel yang gw kunjungin gw tau deh kalau soal itu isinya Bilangan Basis. Ok, gw udah tau itu namanya bilangan basis, terus? kok gw masih ga ngerti ngerti juga ya sama penjelasan penjelasan di semua artikel yang udah gw baca? Sampai akhirnya gw nyasar ke sebuah artikel berjudul BISA NGGAK SIH 2+2 = 10? yang ternyata ditulis sama Bang Wisnu, Si CEO Zenius. Artikelnya asik banget. Gw jadi ngerti deh tentang si Bilangan Basis ini.

And Finally, Setelah Gw browsing sana sini dan ngecek dompet berulang-ulang. Gw akhirnya mantepin hati deh buat beli zenius. Gw langsung beli yang paket setahunnya soalnya gw mikir biar sekalian buat persiapan SBMPTN gw aja deh. Lebih Hemat juga. Gw minta tolong dianterin emak gw dah tuh, tapi ajaibnya mak gw lagi berbaik hati dan mau bayarin! HIHIYY!! Selamatlah duit gw!


Kesan pertama gw pake Zenius itu, Kek langsung wah banget deh! Awal-awal gw buka dah tu video kimia karena emang materi kimia di gw itu pada masuk telinga kanan keluar telinga kiri! Sumpah gila ga ada yang gw ngerti malah gw ngantuk ga karuan! HAHAHA!! Hasilnya? Pas pelajaran kimia di kelas gw jadi ada bayangan dah tu kalau ini materi ini tu maksudnya apa dan gimana-gimananya. Selain itu gw juga rajin nonton video biologi terutama di bagian METABOLISME soalnya banyak banget dah tu tugas presentasi gw dan thanks to web ngeselin ini lagi karena tutornya ngejelasin perbedaan penelitian baru dan penelitian lama tentang proses transpor elektron (pantesan di video yutub luar negeri ngejelasinnya A dan di video yutub dalam negeri ngejelasinnya B, but Zenius connect them all). Selain itu, gw juga rajin buka video matematika dan fisika (tapi matematika cuma kalau ada soal yang ga ku ngerti dan fisika cuma pas sebelum ulangan aja sih). Dan hasilnya? Gw yang bobrok banget fisika sampe guru gw itu emosian setiap ngeliat gw dapet NILAI SEMPURNA!! GILAAKKK!! Bahagia banget dah gw!! Matematika gw juga auto NILAI SEMPURNA dimana seangkatan itu cuma 2 orang yang ga remed!! Kebayang ga lo bahagianya gw kek gimanaaa!! Aaaakkkk!!!

“Lah? Trus kenapa Nyesel Kenal dan Pake Zenius? Perasaan yang ada zenius malah bagus banget deh”

Nah itu masalahnya! Zenius emang Top Markotop Banget! Tapi ini nih yang bikin GW NYESEL BANGET KENAL DAN PAKE ZENIUS
  1. Gw nyesel baru pake zenius di kelas 3! Gw bener-bener BERHARAP BISA KENAL DAN PAKE ZENIUS LEBIH AWAL!! Gw ngerasa kek udah ngebuang buang 2 tahun gw selama di SMA plus 3 tahun gw selama di SMP! Seandainya aja nih ya gw kenal dan pake zenius dari awal, mungkin aja gw udah juara olimpiade karena gw ngerti 'KONSEP'nya! atau paling ga ya di sertifikat-sertifikat gw yang ketulis jadi pada "JUARA" semua bukannya "PESERTA" kek sekarang! Gw malah curiga jangan-jangan yang pada juara di Olimp pada make zenius semua soalnya otaknya pada encer semuaaa! Huhuhuuhuuu!! Dan YA! Seperti yang gw udah singgung diatas tentang ngerti 'KONSEP', DI ZENIUS KITA ITU BELAJAR PAKAI KONSEP! Jadi Say GOODBYE to HAPALIN RUMUS! Daaaaaaaan alasan terakhir dan paling utama gw kenapa gw nyesel banget telat kenal dan pakai zenius adalah karena gw telat tau yang namanya ZENIUS LEARNING!! Kalau gw liat-liat ya, Zenius Learning ini salah satu konten paling WAJIB DITONTON! Kenapa? karena Zenius Learning ini berisi kompilasi video yang berisi manajemen waktu, tips belajar efektif, cara membangun motivasi belajar dan masalah-masalah umum dalam belajar! KOMPLIT DAH POKOKNYA! Tapi, kalau secara gw pribadi, zenius itu berhasil mengubah pandangan gw tujuan gw belajar dan tentang pendidikan di Indonesia yang ngajarin semua mapel yang menurut gw itu ga perlu. Gw tuh dulu sempat mikir "Yaudah lah ya, Intinya NILAI GW BAGUS, dan I can get out of this school as soon as I can! karena ya buat apa juga gw pelajarin nih seni budaya, orang gw mau jadi programmer" WHICH IS SALAH BESAR! Setelah dengerin speechnya Bang Sabda akhirnya gw sadar kalau ternyata esensi belajar yang penting itu bukan seberapa besar nilai di ijazah gw tapi gimana PROSES DARI BELAJAR itu bisa membentuk gw jadi "Pribadi yang Utuh" DAN ITU YANG TERPENTING! Bukan malah jadi sampah masyarakat yang ijazahnya bagus tapi pribadinya jelek dan otaknya kosong. Selain itu, Zenius menyadarkan gw tentang pentingnya belajar Seni Budaya misalnya padahal lu pengen jadi Programmer misalnya. Ya hidup ini memang kompleks, bukan tentang satu bidang aja dan that's it. NO! yang penting itu gimana kita bisa connecting the dots between ilmu programming kita nanti sama ilmu-ilmu lain, ya seni misalnya. Dan gitulah mengapa gw nyesel banget telat kenal dan pake zenius, soalnya gw merasa otak gw selama ini udah gw sia-siain. Btw about connecting the dots tadi mending lu nonton baca speechnya Steve Jobs dan video TED Talks ini deh dan jangan lupa Nonton Zenius Learning yaa! 
  2. Males nge-eksplor video-video di Zenius. seperti yang udah gw ceritain di atas kalau gw itu rajin buka video-video matematika, fisika, biologi dan kimia aja. itupun cuma pada moment-moment tertentu aja. LOL. Padahal nih ya setelah gw berada dalam keadaan H-1 ulangan ekonomi dan sejarah padahal gw ga ngerti apapun, daripada pasrah dan ga belajar gw buka dah tu video sejarah dan ekonomi zenius yang sama sekali ga sesuai ekspektasi gw! Ekspektasi gw itu video sejarah dan ekonominya pasti ngebosenin dan ga bakal ada yang gw ngerti padahal ternyata SUMPAH ASIK BANGET! Ekonominya persis banget sama materi yang di jelasin guru gw tapi dengan cara yang lebih simple dan asik. Kalau sejarahnya sendiri sih kita kek di ceritain sejarah yang berdasarkan kronologis waktu ke waktunya gitu which is itu yang gw pengenin yang ga ada di buku! DAN DI KEADAAN INILAH GW NYESEL GA SERING SERING NGE-EKSPLOR BERBAGAI VIDEO DI ZENIUS!!! 
  3. Dikatain MANUSIA GUA yang ga bersosialisasi dan hobinya belajar mulu. Sampai-sampai gw harus dipaksa buat keluar rumah karena emang gw mager rasa gw lagi ga perlu keluar dan mendingan belajar pake zenius di rumah. HAHAHA. Tapi gapapa lah ya. Dan sebenernya gw sih ga hobi belajar, cuma ya dengerin suara bang sabda belajar pake zenius itu asik aja, jadi gw ketagihan deh. HAHAHA. Apalagi gw berambisi masuk STEI ITB dan gw tau kalau saingan gw itu pada PINTER TINGKAT DEWA jadi kalau gw mau masuk STEI ITB ya gw harus mantesin diri gw lah. (Oiya doain gw bisa masuk STEI ITB tahun 2019 ini ya!) 
  4. Telat tau Zenius Blog which is sangat berfaedah! Dari dongeng gw tadi gw udah ceritain tentang artikel Bang Wisnu yang asik banget. Tapi sayangnya, baru sebatas artikel itu dan beberapa artikel tentang SBMPTN yang gw baca. Baru dah akhir-akhir ini setelah gw follow dan mantengin akun zenius di Intagram, gw jadi tau kalau ternyata di Zenius Blog itu banyak banget artikel seru yang ngejelasin tentang sains, sejarah, dan banyak banget hal yang viral pada saat itu. And I REALLY LOVE IT. Entah itu dari tema-tema yang dibahas, isinya yang seru dan ga ngebosenin sampai bahkan komen-komen yang most of them itu dibales sama authornya. Mending lu langsung aja baca artikel-artikel di Zenius Blog deh karena believe it or not itu seru banget!!

PENYESALAN KEDUA: DO NOTHING!

Saran dari gw: “Please don't spend the whole of your Senior High School year to do NOTHING!” Lah? Maksudnya Do Nothing itu apa? Maksudnya itu ngelakuin sesuatu yang ga guna buat lu kedepannya gitu. Hidup ini singkat, sangat singkat malah. Saran dari gw sih yah mending lu gunain masa-masa SMA lu buat INVESTASI masa depan. Nah investasi masa depan itu kayak apa? bisa dengan lu baca buku-buku yang berguna buat otak lu, nonton film-film yang worth it sama waktu lo, bisa dengan lu ikut berbagai macam lomba di luaran sana supaya lo tau minat dan bakat lo itu dimana, bisa dengan lu ikut berbagai macam organisasi dan ekskul dan jangan lupa bangun RELASI dan KONEKSI seluas-luasnya dan sekuat-kuatnya. Yang menurut gw point terakhir itu salah satu yang terpenting dan yang paling gw sesalin, soalnya banyak banget beasiswa dalam negeri maupun luar negeri apalagi program exchange yang butuh pengalaman organisasi dan ekskul yang bagus. And I Failed Most of Them karena gw ga punya pengalaman organisasi dan ekskul yang baik. jadi jangan pernah sekalipun pikir kalau nilai raport lu tuh bagus lu bakal aman tentram dan damai! BIG NO!!

And about INVESTASI masa depan lu, gw saranin lu buat baca-baca artikel di blog zenius terutama yang berikut ini: 

PENYESALAN KETIGA: TELAT BELAJAR BUAT SBMPTN!

Yap, penyesalan gw yang ketiga adalah telat belajar buat SBMPTN. Gw itu mulai belajar buat SBMPTN baru setelah gw pake zenius tepatnya di kelas 3. Waktu itu awal-awal, niatnya gw sih mau nonton 1 soal un dan 2 soal SBMPTN perhari dengan mapel yang beda-beda perharinya. tapi somehow gw merasa ini gak efektif buat gw, dan entah kenapa gw malah jadi nyasar lagi di artikel zenius yang judulnya Bedanya Persiapan UN SMA dengan SBMPTN. Dan gw jadi "Ooh, Baiklah kalau gitu IDC lagi sama lu wahai UN! And Welcome SBMPTN". But then, Setelah gw liat soal-soal SBMPTN 2018 kemarin, gw jadi kek "well baiklah, ini kok gini amat yah soalnya?" Di sinilah gw sadar kalau masih banyak banget materi yang gw lupa atau bahkan sama sekali ga ngerti padahal SBMPTN 2019 itu MARET!! Aaaaaakkkkkk!!!! But, Thanks Again to zenius udah menemani malam malam kelabu gw!

And persiapan SBMPTN, gw saranin lu buat baca-baca artikel di blog zenius terutama yang berikut ini: 

PENYESALAN KEEMPAT: BAHASA INGGRIS PAS-PASAN!

Wahai pemirsah sekalian gw tekanin yah, Bahasa Inggris yang pas-pasan itu ga cukup buat yang udah ada di senior year! Kenapa? Soalnya gw rasa mulai dari lu mau masuk PTN, PTS, PTK, apalagi exchange dan kuliah di luar negeri butuh banget yang namanya BAHASA INGGRIS YANG GA PAS-PASAN. Coba deh lu baca soal-soal Bahasa Inggris SBMPTN atau USM STAN, vocab-vocab yang ada di situ tuh menurut gw lumayan susah (soalnya gw jarang nemu vocab-vocab itu, HAHAHA). Ditambah lagi soalnya itu butuh analisa yang tinggi. Jadilah modal belajar english dari lagu dan film aja ga cukup! 

Well, Toefl score gw sebenarnya ga rendah-rendah amat sih tapi ga tinggi tinggi amat juga. Dan jadilah gw ga pede daftar beasiswa luar negeri. Masalah utama gw itu grammar yang ancur, jadilah di soal-soal structure itu gw banyak banget salahnya! Apalagi Vocab yang ga ada habis-habisnya itu! Huaaahh!! But then setelah gw buka-buka video di zenius, ternyata di zenius itu ada solusi buat masalah-masalah gw ini! Nah, Mulai dari Basic Reading Tips, Reading Comprehension Question (yang sering ada di soal-soal SBMPTN dan USM STAN), Grammar Review (mulai dari easier, medium sampai harder ada!) sampai vocabulary learning (ada tips belajar vocabularynya!) juga ada! Lengkap banget intinya! Jadi buat kalian yang masih punya banyak waktu, gw saranin mulai deh belajar dari video-video zenius ini dari sekarang!

PENYESALAN KELIMA: KUDET TENTANG SEJARAH DAN PERKEMBANGAN DUNIA!

Dan penyesalan gw yang terakhir adalah kudet tentang sejarah dan perkembangan dunia. Mungkin bagi sebagian orang ini ga penting penting amat sih, but somehow buat gw ini penting. Waktu kelas 10 dulu itu gw pernah ikut seleksi Exchangenya Bina Antarbudaya, nah salah satu testnya itu pengetahuan umum dan hal-hal yang lagi viral di dunia pada saat itu. Terus gw kan orangnya dulu ga pedulian tentang banyak hal gitu (sampai sekarang sih, hehe), And gw inget banget ada beberapa soalnya tentang BREXIT dan UNI EROPA. Reaksi gw kek "Gilaaa!! Soal apaan nih! Mana gw tau ginian mah!". Dan lu bisa tebak hasilnya gimana. Gagal totallah intinya seleksi gw! Singkat cerita nih ya, gw lagi jalan-jalan di Zenius Blog dan nemulah gw artikel yang berjudul: Heboh Soal BREXIT, Sebetulnya Ada Apa sih? dan again, gw nyesel lagi pemirsah! Seandainya dari dulu gw udah nemu Zenius pasti hasil seleksi gw ga hancur-hancur amatlah. But mau gimana lagi, beras udah jadi nasi pemirsah!

Well, tapi setidaknya sekarang gw udah sadar betapa pentingnya pengetahuan gw tentang apa yang telah atau sedang teradi dunia. Secara gitu yah, gw ini tinggal di dunia ini dan pastinya gw pengen lah suatu hari nanti punya kontribusi buat dunia ini. Nah kalau misalnya gw ga punya pengetahuan apa apa tentang dunia ini gimana gw bisa berkontribusi buat dunia ini? Setidaknya gw harus tau apa yang sedang terjadi di dunia dan kira-kira dampaknya apasih buat gw dan lingkungan gw, baru deh gw bisa mikirin gw mau berkontribusi di bidang apasih. And once again thanks for Zenius terutama Bang Sabda dan Bang Wisnu yang telah menyadarkan gue akan hal ini dari artikel-artikel dan video-videonya.

And about sejarah dan perkembangan dunia, gw saranin lu buat baca-baca artikel di Blog Zenius terutama yang berikut ini:

KESIMPULAN

Kalau lu masih SMP atau kelas 10 dan 11, gw saranin lu langsung aja deh pake zenius, selama lu emang rajin pake dan nonton Zenius Learning, lu ga bakal nyesel deh! Selain itu, Lu juga wajib baca-baca artikel di Zenius Blog. Dan jangan lupa lu juga wajib Investasi buat masa depan lu (termasuk belajar SBMPTN, Bahasa Inggris, dan memperkaya pengetahuan lu akan hal-hal yang telah dan sedang terjadi di Dunia).
"Hard Work Increases The Probability Of Serendipity" -Ken Poirot

Komentar

  1. Nice artikel sis
    Sekedar berbagi pengalaman pribadi gue yang udah pernah ikut SBMPTN 2018.
    Ketika lo bakal ngadepin SBMPTN ato skrg dikenal sbg UTBK. lo bakal ngerasa tegang dan excited secara bersamaan. Usahakan enjoy dan nyantai sebelum menghadapi UTBK alias jangan dibawa serius pas mau ujiannya.
    Dan sekarang bisa tes 2x, klo mau tes 2x dan cuma mau saintek aja kusarankan ikut pertama buat liat gambaran soal karena SBMPTN 2019 / UTBK dgn tahun2 sblmnya berbeda alias coba2 lalu yang kedua ikut di penghujung UTBK buat mematangkan persiapan setelah tes pertama.
    Oh iya nih baca info2 sbmptn di blog gue klo mau
    https://jordikunxx069.blogspot.com/2019/01/utbk-dan-sbmptn-2019.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Teater Tradisional Samba Paria dari Sulawesi Barat

Adegan 1             Ketika sang raja sedang berburu di sebuah hutan belantara bersama kedua prajurit kesayangannya, Ia mencium bau masakan ditengah hutan tersebut. Raja                    : “Wah, sepertinya aku mencium bau masakan yang sangat lezat disini, tapi inikan ditengah hutan, mana ada orang yang tinggal disini.” Prajurit 1            : “Maaf yang mulia, tapi sepertinya memang benar ada orang yang tinggal disini. Karena saya pernah melihat sebuah gubuk yang tertutup rapat oleh tanaman paria, namun sepertinya tanaman paria itu ada yang merawatnya, wahai baginda Raja” Prajurit 2            : “Benar yang mulia, kata para warga yang sering mencari kayu bakar di sekitar sini, ada seorang gadis cantik jelita bernama Samba Paria yang tinggal hanya bersama kakaknya.” Raja                    : “Wah.. Benarkah begitu? Hmm... Sepertinya aku harus menemui gadis itu! Siapa tau dia bisa menjadi koleksi ke 100 ku! Hahahahahahahahahaha! Baiklah ayo kita berangkat!” Prajurit 1

Naskah Drama Persahabatan dengan 4 pemain

BEST FRIEND FOREVER Adegan   1        Suatu hari Yuri, Marie, Adinda, dan Carly   ingin membentuk sebuah grup yang   bernama BEST FRIEND FOREVER. Marie                     :”Teman-teman bagaimana kalau kita buat grup!” Yuri                        :”Bagus juga,tapi nama grupnya apa ?” Adinda                  :”Bagaimana kalau nama grupnya itu best friend forever” Carly                      :”Ihh nama grupnya kampungan banget sih!” Yuri                        :”Ihh carly jangan gitu dong,kita nggak boleh saling ngejek kayak gitu!” Adinda                  :”Tuh dengerin!” Marie                     :”Jangan ribut dong ,nggak apa apa itu aja” Carly                      :”Ya udah best friend forever aja” Marie                     :”Kita bikin tossnya yuk” Yuri                        :”Begini saja Marie bilang best, Aku bilang friend, Carly bilang for dan Adinda    bilang ever sambil ngulurin tangan.” Adinda                  :”Lalu bagaimana kalau kita ngan